Kamis, 18 Desember 2014

wisata di indonesia

Michael Aw dalam www.iriandiving.com )

Raja Ampat

Keindahan Alam Bawah Laut Raja Ampat- Tak salah jika indonesia sering dijuluki surganya alam bawah laut kelas dunia. Selain itu indonesia juga mempunyai keindahan alam bawah laut di wakatobi, indonesia yang terdiri dari kepulauan mempunyai banyak tempat-tempat yang memiliki keindahan alam bawah laut salah satunya di raja ampat. Raja ampat di papua memiliki ribuan spesies atau jenis ikan, jadi tak heran jika Dr.G.R. Allen pun menyebutnya sebagai laut yang kaya akan berbagai jenis ikan.
... laut di daerah Raja Ampat adalah yang tertinggi tercatat di Bumi
nama raja ampat itu sendiri diberikan oleh penduduk setempat untuk 4 pulau besar yang terletak di barat bagian kepala burung (vogelkoop) pulau papua. Keempat pulau tersebut adalah Waigeo, salawati, batanta dan misool. Keindahan alam bawah laut di raja ampat ini termasuk 1 dari 10 perairan di dunia untuk tempat diving terbaik. Hal ini dikarenakan di perairan raja ampat terdapat lebih dari 540 jenis karang keras, sehingga menjadikan 75% karang di seluruh dunia berada di alam bawah laut raja ampat. Tak hanya saja itu, 1511 spesies ikan dan 700 jenis moluska menjadi penghuni tetap alam bawah laut di raja ampat.
bukan hanya keindahan bawah lautnya saja yang kita bahas tapi anda juga dapat menikmati panorama alam lainnya.
Berikut daftar pemandangan panorama alam yang bisa anda nikmati di wisata raja ampat:
1. Pantai Perawan
    Perlu diketahui, bahwa Raja Ampat merupakan kawasan kepulauan dengan 610 pulau yang 35 pulau saja     yang berpenghuni. Dari pernyataan tersebut, dapat diasumsikan bahwa pantai-pantai di Raja Ampat masih     sangat perawan dan banyak yang belum terjamah oleh tangan-tangan manusia. Dengan begitu, berlibur ke     Raja Ampat benar-benar pilihan yang tepat untuk refreshing.

2. Terumbu Karang 
    Data bahari Indonesia menyebutkan bahwa dari 537 terumbu di dunia, 75 terumbu di antaranya terdapat       di kawasan yang memiliki gambar pulau raja ampat bak kepala burung ini. Selain itu, berbagai jenis               terumbu karang tersebut juga menyimpan banyak spesies ikan yang khas terdapat di Raja Ampat.                 Hewan-hewan laut serta Molluska juga paling beragam ditemukan di kawasan laut Papua Barat. Dengan       berbagai kelengkapan tersebut, tentunya tempat ini semakin cocok dijadikan sebagai destinasi wisata saat     liburan.

3. Papua Diving
Tempat ini adalah yang paling banyak dituju oleh wisatawan. Sebabnya, walaupun kawasan pantai dan panorama lautnya masih alami, ia sudah dilengkapi oleh berbagai fasilitas seperti tempat makan menawan, penginapan dengan fasilitas lengkap, serta dekat dengan angkutan-angkutan umum. Untuk menuju pantai raja ampat sorong di Pulau Mansuar ini, anda membutuhkan waktu kira-kira 3-4 jam dari pusat kota Raja Ampat.

dan tentunya masih banyak lagi.
LOKASI RAJA AMPAT

Letak Kepulauan Raja Ampat adalah di sebelah barat paruh burung pulau Papua. Kabupaten  Raja Ampat memiliki luas sekitar 881.953 km2 dengan luas daratan hanya sekitar 6.084,50 km2. Jumlah pulau yang berada dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Raja Ampat adalah lebih dari 610 pulau, dengan panjang wilayah garis pesisir pantai lebih dari 753 km.  Dari ratusan pulau yang tersebar di kabupaten Raja Ampat hanya 35 pulau saja yang didiami oleh penghuni lokal. (Sumber : Raja Ampat dalam Angka, 2007).

Kabupaten Raja Ampat terletak pada posisi 2º25’ LU – 4º25’ LS dan 130º –
132º55’ BT dan secara administratif memiliki batas sebagai berikut :

Sebelah Utara : Samudera Pasifik, berbatasan dengan wilayah Negara Palau

Sebelah Timur : Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat.

Sebelah Selatan : Kabupaten Seram Utara, Provinsi Maluku.

Sebelah Barat : Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara.




bagaimana apa anda tertarik untuk mengisi liburan akhir tahun ini dengan mengunjungi tempat-tempat yang indah dan eksotik di raja ampat.








0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 usaha dong
Theme by Didin kurniadin