Minggu, 21 Desember 2014

RAHASIA DIBALIK TANAMAN HERBAL INDONESIA DAN MANFAATNYA

 Indonesia adalah negara agraris yang terkenal akan kekayaan rempah rempah dan berbagai jenis tanaman. Dari dulu hingga sekarang tanaman herbal ataupun tanaman obat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tapi sayang sekali banyak warga Indonesia saat ini malah lebih memilih produk kesehatan luar negri dibanding negri sendiri. Padahal tak perlu jauh - jauh ke negri orang dengan biaya yang sangat mahal sekali, di negri kita jauh lebih kaya dan alami dalam segi pengobatan. Yuk kenali berbagai macam jenis tanaman obat herbal indonesia dan manfaatnya.

Tanaman Obat atau yang biasa kita sebut Tanaman herbal sangat banyak sekali jenisnya dan manfaatnya, dari mulai mampu mengobati penyakit kelas ringan bahkan penyakit sampai ke penyakit kelas paling berat. Selain itu Tanaman obat herbal indonesia juga sudah banyak teruji ampuh dibandingkan dengan obat - obatan yang dicampur bahan kimia yang diproduksi secara pabrikan. Kalau begitu langsung saja kita bongkar rahasia dibalik tanaman herbal indonesia..
berikut beberapa Tanaman Herbal indonesia dan manfaatnya:
1. Seledri (Apium Graviolens)
 
Mungkin tanaman yang satu ini tidak asing lagi bagi kita, selain enak dipakai sebagai penyedap rasa ada manfaat yang lebih juga yaitu seledri juga berfungsi sebagai obat alami karena kaya akan kalsium, fosfor dan lain-lain. Contohnya seledri bisa dipakai sebagai Obat Asam Urat. Caranya Cukup rebus beberapa daun seledri untuk segelas air didihkan lalu minum setiap pagi.  

2. Blustru (Luffa Aegyptica Mill)
Blustru atau yang biasa disebut Ketela Manis ( Di Sunda disebut Lapang Oyom atau di Palembang disebut Hurung Jawa) merupakan tanaman obat keluarga yang telah diberikan secara turun temurun. Namun saat ini sudah jarang sekali yang menggunakan bahkan sebagian besar orang tidak tau bagaimana bentuk Tanaman Blustru itu. rahasia dibalik tanaman herbal indonesia yang satu ini adalah Blustru dapat digunakan sebagai Obat Asma, Caranya cuci terlebih dahulu daun blustru muda simpan diatas nasi panas (bisa disimpan diatas ketika menanak nasi) lalu makanlah sebagai lalaban disaat anda mau makan lakukanlah setiap hari.

3. Pasak Bumi atau Tongkat Ali (Eurycoma Longifolia Jack)
Tanaman ini di Indonesia tumbuh didaerah Kalimantan. Tongkat ali dapat membantu memperbaiki kadar testosteron pada pria dan menambah gairah sexual pada pria. Selain itu juga ada rahasia dan manfaat yang lain yaitu mampu menjadi Obat Ejakulasi Dini. Banyak Toko herbal menjual pasak bumi ini biasanya sudah berupa teh, kopi, berbentuk kering dan lain-lain.

4. Mengkudu (Morinda Citrifolia)
Mengkudu memiliki nama yang berbeda - beda di setiap daerah contohnya di Sunda disebut Cangkudu, kalau di Aceh disebut Keumeude, dan di Jawa disebut kudu. Tanaman ini biasa ditanam di aceh pada setiap rumah warga (walau tidak semua) karena biasa dipakai sebagai bahan rujak ataupun menu buka puasa khas aceh. Tapi apakah anda tahu bahwa Mengkudu bisa menjadi Obat Jantung Koroner dan membantu mencegah penyakit jantung koroner. Caranya sangat mudah cukup jadikan jus, dan jus mengkudu lalu saring air sarinya tambahkan sedikit madu dan minum 2 kali sehari setelah makan.

5. Lidah Buaya (Aloe Vera)
Lidah buaya sejak zaman dahulu telah dipercaya sebagai bahan perawatan kecantikan dan obat. Saat ini dijepang sedang mengembangkan penelitian lidah buaya sebagai Obat Kanker. Saat ini sangat banyak sekali olahan yang berbahan dasar lidah buaya sebaagai contoh dipontianak lidah buaya dijadikan cendol dan akhirnya diberi nama Cendol ala Pontianak.




6. Buah Makasar (Brucea Javanica)
Tanaman ini memiliki rasa yang memang sangat pahit dan juga beracun. Namun apabila dipergunakan dengan baik dan sesuai dengan dosis yang benar tumbuhan ini mampu mengobati Penyakit Diabetes Melitus karena dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Selain itu rahasia dan manfaat Buah Makasar juga mampu menjadi Obat Kanker Serviks, Caranya bisa dengan menyeduhnya kedalam setengah cangkir  dan minum 2 - 3 kali sehari (Banyak Toko Herbal yang menjual Buah Makasar kering jadi anda tidak perlu susah susah menumbuk atau mengeringkannya sendiri) dan anda langsung dapat meminumnya.

7. Belimbing (Averrhoa Carambola)
Belimbing manis banyak mengandung vitamin C, B, A, Protein, Kalsium dan lain-lain
Selain rasanya yang enak juga mampu mejadi Obat Kolestrol Tinggi dan Penurun Darah Tinggi cocok buat anda yang sering mengalami pusing. caranya cukup makan satu buah belimbing setiap hari sesudah makan.

8. Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)
Temulawak merupakan tanaman obat indonesia yang memiliki kandungan Kurkumin yang berguna sebagai Anti Radang ataupun Anti Keracunan organ dalam seperti Empedu. Walaupun temulawak tidak mampu menjadi Obat Kanker Hati, namun temulawak mampu mencegahnya karena temulawak mampu mengobati Penyakit Hepatitis B yang berperan sebagai faktor utama Penyakit Kanker Hati.

9.  Daun Dewa (Gynura Divaricata)
Dari namanya aja sudah kerenkan, Daun Dewa dipercaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Daun Dewa sendiri mengandung minyak atsiri, saponin dan lain-lain. Daun Dewa bisa digunakan sebagai Obat Penyakit Stroke ataupun Pencegah datangnya Penyakit Stroke. Mampu juga mengobati luka memar bekas pukulan benda tumpul dan Penurun Darah Tinggi.

10.  Jarak (Ricinus Communis)
disetiap daerah tanaman ini mempunya nama yang berbeda-beda contohnya Kaliki di Jawa Barat, Dulang di Sumatra dan Kalek Dimadura. Jarak memuliki manfaat pada akarnya sebagai anti rematik dan mampu menenangkan. Pada bijinya terasa manis, pedas namun netral. Bijinya Banyak digunakan untuk Obat Kangker Rahim, Hernia, Rematik, TBC dan lain sebagainya. Namun ketika anda mengolah biji jarak menjadi herbal anda harus berhati - hati karena jika meminum obatnya berlebihan akan menimbulkan keracunan dengan ciri - ciri Sakit kepala, muntah berak, panas dan lain-lain.

Sebenarnya tanaman obat sangat banyak sekali jenisnya. Dari berbagai daerah penjuru negeri memiliki resep masing - masing dalam mengolah tanaman herbal. Ketika kita kembali ke obat alami segala jenis penyakit dapat di cegah dan diobati karena resikonya sangat kecil. Untuk itu perbanyaklah meminum minuman herbal salah satu contohnya seperti jamu agar tubuh lebih sehat.

dan itulah rahasia tanaman herbal indonesia dan manfaatnya. Jika bermanfaat silahkan share kepada teman anda dan sukai artikel ini jangan lupa sukai juga fanspage facebooknya ok. Terimakasih telah menyimak artikel ini.
salam sehat buat yang berkunjung ke blog ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2035 usaha dong
Theme by Didin kurniadin